Kamis, 22 Desember 2011

Bisnis Yoghurt dan Cara Membuatnya!

Yoghurt memang bukan makanan asli Indonesia, namun saat ini sudah memiliki penggemar yang cukup luas di tanah air. Tidak hanya rasanya yang enak dan segar tetapi juga manfaat Yoghurt bagi kesehatan cukup besar.
Yoghurt merupakan makanan hasil fermentasi susu murni yang dikenal memiliki manfaat menyehatkan pencernakan,menurunkan resiko darah tingi, mencegah osteoporosis, meningkatkan daya tahan tubuh dan lain-lain. Jika anda sedang mencari peluang bisnis, mungkin bisnis yoghurt bisa dijadikan pertimbangan.

Pada awalnya Yoghurt merupakan produk makanan yang tanpa sengaja ditemukan. Konon pada jaman dahulu para pengembara yang melintasi padang pasir di Asia Barat Dayalah penemu Yoghurt pertama kali. Mereka membawa persediaan susu di kantung yang terbuat dari usus domba, tanpa disadari bakteri dari usus domba dan cuaca yang panas mengubah susu menjadi susu yang menggumpal,setengah padat. Setelah dicicipi ternyata rasanya yang asam menyegarkan lebih digemari, bahkan lebih awet daripada susu segar.

Sebelum menekuni bisnis Yoghurt ada baiknya belajar dahulu bagaimana cara membuat Yoghurt. Hal-hal yang perlu disiapkan dalam membuat Yoghurt:
- Susu Murni, jumlahnya tergantung pada Yoghurt yang mau dibuat.
- Bibit Yoghurt, ini bisa dibeli di supermarket dengan aneka merek yang tersedia. Jumlahnya kurang lebih 20% dari bahan susu murni. Misal susu 1 liter memerlukan bibit Yoghurt 200 ml.

Setelah bahan-bahan membuat siap, berikut cara membuatnya:
1. Panaskan susu sambil diaduk-aduk sampai hangat-hangat kuku.
2. Diamkan agar susu mencapai suhu ruang atau sekitar 25 derajat celcius.
3. Campurkan Bibit Yoghurt ke dalam susu yang sudah dipanaskan dan didiamkan.
4. Aduk rata, kemudian simpan dalam wadah tertutup rapat
5. Letakan wadah di tempat yang paling hangat di rumah, atau bisa dibungkus dengan kain/handuk.
6. Biarkan selama kurang lebih 24 jam, semakin lama menyimpan akan semakin asam.
7. Setelah Yoghurt jadi, bisa disantap dengan mencampur dengan aneka buah-buahan atau siyrup. Bisa juga disimpan dalam kulkas agar segar dan dingin.

Jika Yoghurt sudah sukses dibuat , tinggal masalah kemasan dan pemasaran. Namun jika anda tidak mau repot-repot dengan segala proses membuat Yoghurt, saat ini banyak waralaba Yoghurt yang bisa anda pilih.Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons