Sabtu, 07 April 2012

Google Gelar Festival UKM Nasional 2012

Bisnis- Lokal Go Online


JAKARTA - Untuk mendukung program “Bisnis Lokal Go Online”, Google bekerja sama dengan Marketeers menggelar Festival UKM Nasional 2012 pada Sabtu, 31 Maret 2012 di Gedung SMESCO, Jakarta.

Festival ini bertujuan untuk membangkitkan semangat wirausaha para pelaku UKM Indonesia dan membantu mereka dengan ilmu pemasaran, keterampilan wirausaha, dan sikap optimistis membangun bisnis ke depan.

Ribuan pelaku UKM hadir dalam acara yang didukung Kementerian Koperasi dan UKM (KUKM), KADIN, PANDI, Bakrie Connectivity, APTIKOM, Melsa, dan Multiply.com.

Festival ini juga menjadi bagian dari sosialisasi program yang diprakarsai oleh Google dan mitranya dalam Bisnis Lokal Go Online, sebuah inisiatif nasional untuk membantu pelaku UKM Indonesia membangun bisnis online mereka.

Program ini juga bertujuan menghilangkan hambatan-hambatan dalam membangun bisnis online, dengan menyediakan solusi yang gratis, cepat dan gampang agar bisnis online mereka bertumbuh kembang.

Festival UKM Nasional 2012 menjadi bagian dari upaya untuk melahirkan UKM berbasis online lebih banyak lagi.

Dengan tema "Menjadi UKM yang Solid dan Kreatif", hajatan ini diisi dengan seminar yang menghadirkan para pakar dan praktisi bisnis, seperti Hermawan Kartajaya (Guru Pemasaran), Bob Sadino (pewirausaha sukses), Mario Teguh (motivator), di samping Kementerian KUKM sebagai keynote speaker.

Acara dengan undangan khusus ini bertujuan untuk mengumpulkan ribuan para pelaku UKM seIndonesia.

Pada acara networking ini, para pelaku UKM akan mendapatkan update pengetahuan untuk mengembangkan wawasan bisnis dan meraih peluang-peluang pemasaran.

Mereka dengan syarat tertentu berhak mendapatkan situs web gratis, sudah termasuk nama domain dan hosting selama setahun.

Bisnis Lokal Go Online merupakan sebuah inisiatif dari Google dan mitranya yang diluncurkan pada 11 Januari 2011.

Program ini dilatarbelakangi oleh fakta banyaknya bisnis di Indonesia yang belum memanfaatkan potensi bisnis secara online. Lebih dari 40 juta orang Indonesia secara rutin mengakses Internet dan lebih dari 130 juta menggunakan perangkat mobile untuk mencari informasi produk dan layanan.

Mereka menggunakan media online untuk mencari informasi tempat makan, film, olahraga, berita lokal, dan mereka melakukan riset online untuk rencana pembelian perangkat elektronik.

Statistik menunjukkan hanya 75.000 dari 17 juta UKM memiliki situs web (Sumber: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia). Alasannya, antara lain mereka menganggap bisnis online itu bisnis yang mahal, rumit, atau karena mereka merasa tidak memiliki banyak waktu.

Melalui Bisnis Lokal Go Online, para pelaku UKM tersebut bisa segera online dalam satu hari (setelah pembuatan domain).

Terkait hal ini, Google akan menggunakan platform-nya Business SiteBulder, alat membuat situs web bisnis gratis yang secara otomatis terintegrasi dengan perangkat mobile, seperti ponsel pintar.

Business SiteBulder didesain untuk memecahkan hambatan-hambatan bisnis kecil untuk online secara mudah, cepat, dan gratis, termasuk mengelola situs webnya.


Sumber : Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons